Sistem CCTV Canggih Pemkot Makassar Setara Amerika Serikat

Inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam menghadirkan konsep smart city patut diacungi jempol. Salah satu yang paling menonjol adalah hadirnya War Room yang diyakini dapat menekan angka kriminalitas di kota angin mamiri tersebut.

War Room tersebut memiliki sistem CCTV canggih dengan beragam teknologi pemantauan terkini. Menurut Kasubid Pengembangan Inovasi Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar, Drs Burhanuddin MSi, CCTV yang digunakan beresolusi tinggi sehingga jika di zoom in (diperbesar) gambarnya tidak akan pecah.

"Wajah penjahat bisa kita lihat dari CCTV ini. CCTV nya juga bisa berputar 360 derajat. Tidak ada yang lolos dari pengawasan,” ujar Burhanuddin, di Indonesia City Expo, Malang, beberapa waktu lalu.

Dia melanjutkan, fitur-fitur pengawasan yang dilakukan dari War Room adalah merekam segala aktivitas lalu lintas dan menyimpannya di big data. Tak hanya itu, War Room juga dapat mendeteksi berbagai macam ancaman seperti mendeteksi logam dan senjata tajam atau senjata api.

Data yang tertangkap CCTV akan terekam dan disimpan dalam server yang hanya dapat diakses seizin Pemerintah kota Makassar. Teknologi War Room Makassar tidak hanya melayani kebutuhan pengamanan dalam kota, lebih dari itu juga berfungsi mengontrol jalannya pelayanan publik di kantor – kantor pemerintah.

Fitur yang dimiliki juga dapat menyajikan data tracking kendaraan Tangkasaki (Truk Angkutan Sampah Kita), Home Care (Dottoro ta) dilengkapi jumlah bahan bakar yang digunakan dan jalur yang dilalui.

Informasi medis tentang jumlah kamar rawat inap yang terintegrasi dalam sistem War Room juga dapat diakses lewat sistem ini. Pemutakhiran paling anyar dari sistem War Room Makassar adalah terintegrasinya layanan Call Center 112 yang melayani kondisi darurat masyarakat selama 24 jam seperti ambulans, dan kebakaran.

“Pemkot Makassar juga bersinergi dengan Polrestabes Makassar dalam mendukung upaya kepolisian menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkap Burhanuddin.

Inovasi smart city ini sebenarnya bukan pertama di dunia, negara-negara maju sudah menerapkannya, salah satunya Amerika Serikat. Biro Investigasi Federal/Federal Bureau Investigation (FBI) sangat mengandalkan sistem kamera seperti ini untuk melakukan penyelidikan guna menangkap pelaku kriminal.

War Room Makassar tidak hanya menjadi perbincangan dalam negeri, negara lain juga memuji program yang digagas oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto ini. Makassar disulap Danny menjadi kota yang modern dan diperhitungkan di dunia internasional.

 

sumber : indosecuritysystem.com

Follow Us

  
  

Ada Pertanyaan?

Hubungi :

Info : sales@infinitycctv.co.id

Teknisi : support@infinitycctv.co.id

© 2017 Infinity CCTV