Kapolri Resmikan Ruang Kendali CCTV Makassar

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian meresmikan pengoperasian ruang kendali atau command center di Markas Kepolisian Resor Kota Besar Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 12 April 2017.

Ruang kendali merupakan sarana pemantauan situasi keamanan yang terhubung dengan total 300 titik kamera pengintai (CCTV) di seluruh kota Makassar. Sarana ini juga terintegrasi dengan sistem pemantauan kota di Kantor Balai Kota Makassar.

"Dengan sarana ini diharapkan aparat dapat merespon lebih cepat setiap setiap kejadian atau aduan masyarakat. Situasi keamanan juga lebih baik, karena tidak ada lagi tempat bersembunyi bagi pelaku-pelaku kejahatan," kata Tito.

CCTV yang terhubung dengan ruang kendali Polrestabes Makassar akan beroperasi non-stop selama 24 jam. Petugas di ruang kendali dapat dengan mudah memutar rekaman jika sewaktu-waktu dibutuhkan, atau ada kejadian penting. Jumlah CCTV ditargetkan bertambah hingga 3.000 unit pada tahun depan.

Saat peresmian, Tito sempat menyaksikan simulasi penanganan aksi kejahatan jalanan. Melalui layar besar di ruang kendali, ditampilkan pelaku jambret beraksi di salah satu ruang publik. Dalam waktu singkat,  petugas polisi terdekat dikerahkan untuk menangkapnya.

"Saya mengapresiasi Polres dan Pemda yang bekerja sama mewujudkan ini. Saya berharap CCTV ini bisa ditiru daerah-daerah lain di Indonesia," ujar Tito.

Selain ruang kendali, Polrestabes Makassar kini juga memanfaatkan aplikasi berbasis smartphone bernama Panic Button. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis oleh masyarakat, untuk digunakan melaporkan peristiwa keamanan secara real time. Polisi diklaim bakal menindaklanjuti secara cepat.

Kepala Polrestabes Makassar Kombes Pol Endi Sutendi menyatakan bakal mengevaluasi pengoperasian ruang kendali. Diharapkan fasilitas tersebut bisa lebih memudahkan tugas polisi dalam mengamankan kota.

"Pengoperasiannya secara bertahap. Untuk tahap awal kita fokus pada seratusan titik di jalan-jalan utama di kota Makassar," ujar Endi.

 

Sumber : news.metrotvnews.com

Follow Us

  
  

Ada Pertanyaan?

Hubungi :

Info : sales@infinitycctv.co.id

Teknisi : support@infinitycctv.co.id

© 2017 Infinity CCTV